Manfaat Buah Kurma

Kamis, 11 Oktober 20120 komentar



Buah Kurma dalam bahasa arab disebut Tamar, di Indonesia buah ini kerap dijadikan santapan berbuka dan sahur dan selalu menjadi buah favorit saat bulan Ramadhan saja. Karena memiliki kandungan gizi dan manfaat yang baik, selayaknya buah kurma selalu hadir di meja makan anda setiap hari sepanjang tahun.
pohon kurma, Foto:kaskus
pohon kurma,
Kebanyakan pohon kurma tumbuh di negara-negara Arab dan mempunyai berbagai-bagai jenis. Antara kurma yang terkenal ialah kurma Mekkah dan Madinah yang dikatakan mempunyai berpuluh-puluh jenis.
Dikalangan penduduk di negara-negara Arab kurma adalah makanan utama mereka, malah dikalangan orang kita juga kurma sudah menjadi bahan makanan yang digemari. Selain rasanya yang manis dan tahan lama serta tidak perlu dimasak untuk memakannya.
Kurma yang termasuk dalam jenis palm seperti kelapa sawit sementara buahnya bertangkai seperti buah pinang. Kurma mengandung khasiat yang tinggi seperti kismis dan aprikot kering. Antaranya kurma kaya dengan protein, serat, gula, vitamin A dan C serta zat mineral  seperti besi, kalsium, sodium dan potasium.
Kurma kaya dengan zat besi, kalsium, fosforus, iodium, potassium, vitamin A dan C dan juga niasin yang tidak diproduksi oleh tubuh. Bahkan Rasullulah SAW bersabda: “Berilah makan buah kurma kepada isteri-isteri kamu yang hamil, karana sekiranya wanita hamil itu memakan buah kurma, niscaya anak yang bakal dilahirkan itu menjadi anak yang penyabar, bersopan santun serta cerdas pemikirannya.”
Unsur zat besi dan kalsium yang terdapat di dalam buah kurma adalah unsur yang paling penting  bagi produksi  susu ibu. Bagi Ibu-ibu yang mempunyai masalah kekurangan susu, maka dengan memakannya dapat memacu produksi air susu.

Kurma yang dalam bahasa Latin disebut Phoenix danctylifera, juga dari segi kesehatan dapat mengobati  gangguan usus yang kronik, di mana ketidakserasian dengan gluten, sebagai menghalang penyerapan zat-zat makanan secara sempurna. Selain mengobati gangguan usus, jus kurma juga dapat digunakan  untuk mengatasi masalah sembelit.
Kurma juga merupakan penawar dalam perubatan traditional untuk mengatasi masalah insomnia atau susah tidur. Bagi mereka yang mengalami masalah batuk, kurma sesuai untuk diamalkan karana kandungan gula dalam buah kurma dapat menghilangkan gatal-gatal dalam kerongkong sekaligus menghentikan batuk.
Manfaat lainnya, kurma ternyata juga dapat  menjadi penangkal ilmu sihir dan kejahatan gaib lainnya. JIka anda pernah menunaikan ibadah haji, banyak juga ditemukan buah kurma kering sebesar kepalan tangan orang dewasa yang dijual sebagai penagkal ilmu sihir masuk kedalam rumah. Biasanya kurma ini dibungkus kain berwarna kuning dan diletakkan diatas pintu masuk.
Abu Abdillah berkata: “Buah kurma adalah salah satu buah yang berasal dari syurga dan dapat mensirnakan pengaruh sihir”.
Abu Abdillah berkata: “Orang yang memakan 7 buah kurma yang baik sebelum sarapan, maka pada hari itu dia tidak akan tertimpa racun, sihir dan tidak diganggu syaitan”.
Kurma merupakan penyumbang tenaga yang efektif untuk megatasi kelelahan usai menjalankan puasa selama 12 jam. Pernahkan kita merasa, terkadang waktu berbuka kita makan terlalu banyak, tetapi masih letih dan tidak bertenaga. Sebabnya makanan yang diamakan kebanyakan mengandung karbohidrat,yang harus melalui proses panjang sebelum diolah menjadi gula. Ini berbeda dengan kurma yang kandungan gulanya langsung diubah menjadi kalori.
Kandungan potassium yang terdapat dalam kurma diperlukan oleh tubuh untuk sistem saraf . Memang dalam susu, yogurt dan makanan laut juga mengandungi potasium tetapi jumlahnya sedikit.
Setelah mengetahui fanfaat kurma yang begitu banyak, Kita seharusnya memakan buah kurma bukan hanya dalam bulan puasa saja. Kurma sangat baik dijadikan pencuci  mulut selepas makan atau menggantikannya makanan ringan yang rata-rata mengandungi karbohidrat, garam, lemak dan gula berlebihan yang justru dapat membawa pelbagai jenis penyakit.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Manfaatbuah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Ibnutam
Proudly powered by Blogger