Manfaat Buah Gaharu

Senin, 08 Oktober 20125komentar



Manfaat buah gaharu untuk mendapatkannya relatif mudah, Sebab dalam 5 tahun terakhir gairah masyarakat mengebunkan pohon penghasil gubal nan harum itu sangat tinggi. Oleh karena itu di berbagai daerah tumbuh sentra gaharu. Pohon gaharu mulai berbuah saat usia 5 tahun. Ketika matang, buah akan membuka sehingga biji jatuh ke permukaan tanah. Kini penanaman kemungkinan lebih dari 1.750 ha yang tersebar dari Sumatera sampai Papua. Gejala stroke mudah dikenali yakni, mendadak lelah, pusing tak tertahankan, linglung dan sulit berbicara. Gejala lain adalah tangan, kaki dan wajah kebas. Ketika gejala itu muncul segera bawa pasien ke dokter, terutama bagi penderita Hipertensi. Jika tidak ditangani lebih dari 3 jam, gangguan aliran darah ke otak dapat berujung pada kematian.
menyantap makanan berlemak berkadar kolesterol tinggi seperti daging dan kue bisa menyebabkan adanya tumpukan kolesterol dipembuluh darah yang dapat menghambat aliran darah ke otak. Berkurangnya pasokan darah secara itulah yang dinamakan stroke. Berdasarkan data WHO World Health Organization sebanyak 15 juta penduduk dunia pertahun terserang stroke. Lima juta diantaranya meninggal dan 5 juta mengalami cacat permanen.
Faktor utama penyebab stroke adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi.  Dan terjadinya hipertensi adalah akibat kadar kolesterol  yang tinggi dalam darah. Jenis stroke dibedakan menjadi dua yaitu:
  1. Stroke Iskemik, stroke ini terjadi karena aliran darah ke otak berhenti karena ateorosklerosis atau penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah atau pembekuan  darah yang menyumbat darah masuk ke otak.
  2. Stroke Hemorragik, terjadi karena pembuluh darah pecah sehingga menghambat aliran darah sehingga darah merembes ke suatu daerah di otak fan merusaknya.
Produksi sebuah pohon mencapai puluhan kg buah per tahaun, pohon akan berbuah sepanjang tahun. Cara meManfaatkan Buah Gaharu Aquilaria Sinensis adalah dengan dijemur terlebih dahulu selama sepekan agar kadar air turun dan tersisa kira-kira 14%. Setelah itu seduh kulit buah gaharu kering dalam segelas air panas dan membiarkan selama 1-2 jam.setelah itu minum sehari sekali.seduhan buah gaharu hanya untuk serkali pakai, untuk seduhan berikutnya gunakanlah buah yang baru.
Setelah rutin  mengkonsumsi air seduhan buah gaharu selama sebulan, biasanya penderita stroke baru akan dirasakan. Setelah dua bulan gejala stroke akan mulai menghilang dan akan semakin sembuh.
Seduhan daun gaharu mengandung agarospirol yang mampu menekan sistem saraf pusat sehingga memberikan efek menenangkan. Selain itu juga menghilangkan mabuk perjalanan. Sedangkan hasil pembakaran kulit kayu gaharu sebagai obat anti nyamuk. Batang pohon gaharu dimanfaatkan untuk  bahan baku minyak wangi.
Pada dasarnya akar, batang, daun dan ranting gaharu memiliki kandungan bioaktif yang sama. Yang berbeda adlah konsentrasinya. Sayangnya hingga kini belum ada riset ilmiah yang mendukung bukti empiris bahwa buah gaharu tokcer mengatasi stoke atau hipertensi.
Meski demikian bagi para pasien hipertensi dan stroke,ayak menjadi pilihan meskipun rasanya pahit tapi tidak rugi rasanya jika rutin mengkonsumsi buah gaharu selama tiga bulan para penderita stroke  akan memperoleh kesembuhan
Share this article :

+ komentar + 5 komentar

12 September 2015 pukul 11.52

Kami memiliki Teh Daun Gaharu, yg diproduksi di KALSEL dan telah beredar di berbagai wilayah Indonesia bahkan sampai ke luarnegeri.
Bilamana ada yg bkenan untuk membeli atau jd Distributor,silahkan hubungi Kami di 081345122717 -Pin.7d027163 Email.suka.maju51@gmail.com

12 September 2015 pukul 11.53

Kami memiliki Teh Daun Gaharu, yg diproduksi di KALSEL dan telah beredar di berbagai wilayah Indonesia bahkan sampai ke luarnegeri.
Bilamana ada yg bkenan untuk membeli atau jd Distributor,silahkan hubungi Kami di 081345122717 -Pin.7d027163 Email.suka.maju51@gmail.com

18 April 2016 pukul 05.54

jk hipertensi sdh normal, apakah penggunaan daun gaharu bs di hentikan?

28 Oktober 2020 pukul 14.32

Nak beli daun teh ghaharu.bagaimana ya?

13 April 2022 pukul 05.34

Gimana kerja sama untuk jualan anakan pohon Gaharu!? BISA dapatkan Kontak number ?

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Manfaatbuah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Ibnutam
Proudly powered by Blogger